KSP Pracico Syariah yang Beraset Ratusan Miliar

rewards ksp pracico
rewards ksp pracico

KSP Pracico syariah sekarang sudah bukan lagi menjadi lembaga keuangan peringkat dua, karena telah berkembang tidak ala kadarnya. Sebut saja apa yang dilakukan Pracico Syariah yang telah dikelola dengan benar dan baik nyatanya dapat menjadi unit usaha yang berkembang dengan pesat dan sekarang sudah breast ratusan miliar. Tidak tanggung-tanggung, saat pertama kali berdiri pun di tahun 2018 lalu, baru 6 bulan saja asetnya sudah mencapai 100 miliar rupiah.

Kunci dari kesuksesan tersebut menurut pihak KSP Pracico sendiri karena koperasi ini telah sukses menerapkan prinsip syariah dalam pengelolaannya. Lewat prinsip tersebut, masyarakat pun jadi lebih tentram menempatkan dananya ke dalam Pracico. Koperasi ini berusaha melakukan syariah secara murni di dalam operasionalnya. Beda dengan lembaga keuangan lainnya seperti perbankan yang juga berlabel syariah. Pengelolaan keuangan yang dilakukan ini berupaya memurnikan pengelolaan keuangan berbasis syariah yang selama ini digunakan oleh lembaga keuangan lainnya.

Misalnya saja, menurut Sebastian Tonny selaku Asisten Direktur KSP Pracico, mengatakan bahwa jika mengambil pinjaman dana dari lembaga lainnya, seperti kredit dengan agunan rumah maka kalau telat mengangsur sudah langsung didatangi debt collector, nama yang bersangkutan langsung keluar dalam daftar BI, dan jika masih belum mampu melunasi juga maka rumah yang dijaminkan akan dipaksa untuk dilelangkan.

Nah, hal negatif di atas menurut Tonny tidak akan terjadi jika masyarakat mau mempercayakan soal finansial mereka kepada KSP Pracico Syariah atau yang disebut juga sebagai Pracico Inti Utama (PIU). Justru PIU akan memberikan alternatif terbaik bagi pemilik properti yang sedang butuh dana mendesak dengan jaminan rumah/ ruko mereka yang mau dijual tapi tidak kunjung laku.